Sabtu, 12 Agustus 2017

Khasiat Ikan Untuk Meningkatkan Stamina Kesehatan

MANFAAT IKAN
===============>
Sebagai negara maritime dimana sebagian besar wilayahnya adalah lautan maka tidak heran jika konsumsi ikan masyarakat Indonesia juga cukup tinggi. baik ikan laut maupun ikan tawar memiliki manfaatnya masing-masing bagi tubuh. namun saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap ikan adalah makanan biasa dan lebih memilih daging karena dianggap lebih bergizi dibandingkan ikan. Anggapan tersebut tentu saja sangat keliru, meskipun harganya lebih murah daripada daging baik ikan laut maupun tawar keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bahkan melebihi gizi yang ada di daging.Ikan mengandung tinggi protein dan rendah kalori sehingga aman dan sehat dikonsumsi setiap hari. Kandungan lainnya yang ada di dalam ikan adalah asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. untuk mendapatkan ikan sangat mudah karena bisa mencarinya sendiri dengan memancing atau membelinya di pasar. Ada banyak jenis ikan yang bisa anda konsumsi sesuai dengan selera dan budget masing-masing.

Ikan Segar maksudnya adalah ikan yang masih dalam kondisi segar saat diperjualbelikan di pasar. Ikan ini biasanya dalam kondisi masih hidup. Namun demikian, ikan beku pun dipandang masih merupakan ikan segar. Biasanya yang dibekukan ini dari golongan ikan laut yang memang mustahil dipasarkan dalam kondisi hidup, sebab tidak efisien dan justru rentan mengalami kematian.Ikan Segar dipercaya memiliki kandungan vitamin yang lebih terjaga, dibandingkan ikan yang sudah diawetkan. Namanya juga ikan masih hidup, tentu kondisi vitamin dan mineralnya masih utuh, tidak mengalami perubahan sedikit pun.Siapa yang tahu ikan? Setiap orang pastinya sangat suka mengonsumsi ikan. Karena selain rasanya yang enak dan gurih ikan juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Apapun jenis ikan yang Anda konsumsi setiap hari, pastinya akan ada banyak manfaat yang Anda dapatkan. Ini dikarenakan ikan mengandung lemak tak jenuh yang berguna bagi tubuh manusia. Tak hanya itu, ikan juga memiliki kandungan nutrisi seperti, asam lemak omega 3, kalsium, fosfor, vitamin dan juga mineral.Seperti yang Anda ketahui, tubuh manusia tidak dapat menghasilkan asam lemak omega 3 secara alami. Maka dari itu, Anda membutuhkan asupan makanan yang mengandung omega 3 salah satunya dari ikan. Berikut adalah manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan.

Makan ikan itu sehat. Ikan menjadi salah satu pilihan utama dalam menu santapan masyarakat Indonesia. Mulai dari masyarakat di pedesaan hingga di perkotaan terbiasa untuk menyajikan ikan dalam menu sehari-hari. Tidak hanya karena rasanya yang nikmat dan juga mudah untuk diolah, tapi ikan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi bagi tubuh kita. Mengapa ikan masuk dalam kategori makanan sehat atau makanan bergizi?

Ikan merupakan makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Hasil penelitian menunjukkan, ikan mengandung protein yang berkualitas tinggi. Ikan mengandung 18% protein terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu proses memasak. Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serelia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur. Protein yang ada pada ikan juga sangat mudah dicerna, sehingga baik untuk dikonsumsi balita yang sistem pencernaannya belum sesempurna orang dewasa. Komposisi asam amino yang terkandung di protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lainnya, salah satunya taurin, sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.

Kandungan lemak pada ikan sekitar 1-20% yang mudah dicerna langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh. Macam-macam ikan mengandung jumlah lemak yang berbeda-beda. Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh, sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol. Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti Salmon, tuna, sarden, dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam asam lemak omega 3. Yang paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), yang mana keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil.

Di masa pertumbuhan anak-anak wajib untuk mengkonsumsi ikan, karena kandungan gizinya yang tinggi dan bermacam-macam dapat membantu tumbuh kembang anak-anak sedari dini. Vitamin yang terkandung pada ikan juga bermacam-macam, yaitu vitamin A, D, B6, dan B12. Vitamin A yang terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat untuk mencegah kebutaan pada anak. Vitamin D didapatkan dari daging ikan, telur, dan minyak hati ikan. Vitamin D ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang. Sedangkan Vitamin B6 membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf. Vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf.Jangan takut jika anda makan ikan setiap hari karena tidak akan membahayakan anda justru membuat anda semakin sehat. kandungan gizi yang ada di dalam ikan cukup lengkap mulai dari protein, mineral, berbagai vitamin tergatung pada jenis ikannya masing-masing. anda bisa mengolah ikan dengan resep masakan sesuai selera anda menjadi makanan yang lezat menggugah selera.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dengan sampel sebanyak 140 orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan lebih sedikit akan mengalami resiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi banyak ikan atau setiap hari makan ikan. Para ahli menyarankan untuk setidaknya satu kali dalam seminggu mengonsumsi ikan. Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 mampu menurunkan tingkat lemak dalam darah. selain itu juga mampu menurunkan kolesterol sehingga peredaran darah lancar dan menghindarkan tubuh dari serangan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.Ikan juga bermanfaat untuk proses pembentukan otak, mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dalam ikan adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk pembentukan sel otak. Oleh karena itulah para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 seperti ikan buntal, ikan salmon supaya pembentukan sel otak janin optimal.Para peneliti juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi omega 3 dalam ikan mampu membantu menyembuhkan para penderita ADHD. Pada penelitian dimana penderita ADHD diberikan omega 3 dan minyak ikan secara rutin menunjukkan terjadinya perbaikan pada perilakunya. Ini berlaku untuk penderita ADHD yang masih anak-anak maupun yang sudah dewasa.Lagi-lagi kandungan omega 3 pada ikan merupakan nutrisi yang ampuh untuk meningkatkan perkembangan dan fungsi otak anak dan juga orang dewasa. Selain dapat meningkatkan fungsi otak, asam lemak omega 3 juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat seseorang yang rutin mengonsumsinya. Sehingga ini akan membantu Anda untuk mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer.Manfaat mengonsumsi ikan selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan setiap harinya akan memperkecil resiko seseorang tersebut terkena penyakit degenerasi makula karena faktor usia dibandingkan seseorang yang jarang atau tidak pernah sama sekali mengonsumsi ikan. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah mata serta mengurangi resiko inflamasi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi ikan dapat mengurangi resiko seseorang tersebut terkena penyakit kanker prostat dan lainnya. Ini karena kandungan zat riboflavin atau yang biasa disebut dengan Vitamin B2 pada ikan bermanfaat untuk mencegah serta mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker.Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium, phospor, yang lebih tinggi dibandingkan susu. Kandungan mineral yang ada pada ikan terdiri dari, zat besi, Yodium, Selenium, Seng, dan Flour. Zat besi jauh lebih mudah diserap tubuh daripada sumber lainnya, manfaatnya untuk mencegah terjadinya anemia. Yodium bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit gondok serta hambatan pertumbuhan pada anak, bahkan juga kecerdasannya. Selenium berperan untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas,  kandungan antioksidan juga bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Seng membantu kerja enzim dan hormone. Sedangkan flour untuk menguatkan serta menyehatkan gigi si kecil.

Banyaknya gizi yang terkandung pada ikan, itulah alasan mengapa ikan dianggap sebagai makanan sehat dan bergizi serta dianggap sebagai makanan untuk kecerdasan.selain itu ikan juga memiliki manfaat yang sam dengan Titan Gel yaitu meningkatkan sistem libido pada vitalitas juga membangkitkan stamina keperkasaan di dalam jaringan vitalitas sehingga bisa kuat perkasa. Maka sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan anak-anak dalam masa pertumbuhan untuk banyak mengkonsumsi ikan. Budayakan kepada anak sedari dini untuk gemar makan ikan agar terbiasa hingga dewasa. Sajikan ikan sebagai menu utama sehari-hari dengan variasi dalam pengolahannya. Ayo, tingkatkan gemar makan ikan sedari dini karena makan ikan itu sehat.

itulah tujuh manfaat makan ikan yang dapat anda peroleh bagi kesehatan tubuh. meski manfaatnya sangat besar namun sebaiknya anda pilih jenis ikan yang aman dan tidak beracun. Kalaupun beracun anda harus membersihkannya dengan benar supaya racunnya hilang. Supaya dipehatikan untuk tidak mengonsumsi ikan yang hidup dalam lingkungan tidak sehat karena mampu membawa penyakit seperti kanker tidak jarang ikan juga mengandung merkuri karena lingkungan hidupnya. Belilahh ikan pada tempat yang higenis dan terpercaya meskipun mungkin harganya lebih mahal.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI